Bandeng Juwana Elrina, Oleh Oleh Khas Semarang dan Jawa Tengah

Semarang bukan hanya dikenal sebagai ibukota Jawa Tengah, namun juga karena Semarang memiliki beberapa objek wisata yang sangat terkenal, seperti Lawang Sewu, Kuil Sam poo kong dan lainnya. Semarang juga terkenal akan kuliner nya seperti Banden Presto. 

Bandeng atau bahasa latin nya Chanos chanos adalah ikan pangan populer di Asia Tenggara. Dalam bahasa Bugis dan Makassar dikenal sebagai ikan bolu, dan dalam bahasa Inggris milkfish. Bandeng sangat disukai oleh orang Asia Tenggara karena memiliki rasa gurih dan netral (tidak asin seperti halnya ikan laut). Dalam tradisi orang Tionghoa di Jakarta, ikan Bandeng memiliki arti khusus, yaitu menjadi hidangan spesial khususnya ketika perayaan Imlek atau tahun baru Cina.

Bandeng sebenernya memiliki kelemahan dibanding ikan laut lainnya, yaitu tubuhnya dipenuhi dengan duri. Namun orang Semarang tak hilang akal, mereka mengolah bandeng dengan cara di presto. Ikan yang telah dibumbui dengan bawang putih, kunyit, dan garam kemudian dimasak beralaskan daun pisang dengan menggunakan teknik presto.

Presto merupakan cara memasak dengan memanfaatkan uap air bertekanan tinggi. Teknik inilah yang membuat menjadi pelengkap untuk bandeng yang kemudian dikenal dengan sebutan Ikan Bandeng Presto. Dengan presto, tulang atau duri ikan bandeng menjadi lunak bahkan menjadi renyah ketika di goreng. Dengan begitu, duri tidak lagi menghalangi penggemarnya dalam menikmati Bandeng bahkan karena dinikmatinya menyatu dengan daging Bandeng, menambah keistimewaan dan kenikmatan Bandeng presto ini.


 Di Semarang, terdapat toko oleh oleh yang menyediakan Bandeng dan makanan khas semarang lainnya. Nama toko tersebut adalah Bandeng Juwana - Elrina. Toko oleh oleh tersebut terletak di Jalan Pandanaran Semarang. Disini ada berbagai jenis olahan Bandeng dan makanan khas lainnya. 
Olahan Bandeng yang tersedia antara lain:
  1. Abon Bandeng
  2. Bandeng Pepes Duri Lunak : tahan 24 jam saja
  3. Bandeng Asap Duri Lunak : tahan 2 hari
  4. Bandeng Vacuum : tahan 3 bulan
Selain menjual Bandeng, disini juga menjual makanan khas Semarang lainnya, seperti wingko, lumpia, moaci, brem, aneka dodol, keripik dan makanan lainnya. Sistem perbelanjaannya pun mirip dengan pasar swalayan, tinggal ambil keranjang, pilih makanan lalu ke kasir untuk bayar. Yang membedakan adalah, banyak pelayan yang dilibatkan untuk membantu pengunjung memilih makanan yang diinginkan. Selain itu disini juga menerima pembayaran dengan kartu, sehingga semakin memudahkan dan menambah kenyamanan pengunjung dalam berbelanja.

Selain menjual oleh oleh, pada lantai 2 juga tersedia resto yang menyediakan aneka olahan bandeng. Ada sate bandeng, bakso bandeng, bandeng srani, gulai bandeng, tongseng bandeng, pepes bandeng, nasi bakar bandeng, nasi goreng bandeng, dan lain-lain. 

 
 Lokasi khusus aneka Bandeng yang siap memenuhi selera pengunjung. Olahan Bandeng pun lengkap disini, dengan berbagai ukuran dan kemasan. Oh iya, harga Bandeng dijual per kilo, namun semakin besar ukuran Bandeng nya, maka semakin mahal harganya. Misalnya Bandeng 1 kg isi 4 lebih murah dibanding dengan Bandeng 1kg isi 2.
 Pengunjung tak perlu kuatir dengan kehalalan dari produk Bandeng Juwana ini, karena Bandeng Juwana telah memiliki sertifikat halal dari instansi terkait. Tak tanggung tanggung, sertifikat halal tersebut dipajang di salah satu sisi Bandeng Juwana ini, bersama dengan sertifikat lainnya yang mendukung kualitas dari Bandeng Juwana ini.


 Hal unik lainnya adalah, banyak tanda tangan dan foto artis yang ditaruh di frame dan dipajang di toko oleh oleh ini. Kesan semarak dan terkenal pun menyeruak dengan semakin banyaknya frame berisi tandatangan dan foto artis tersebut.

Wisata Kuliner Lainnya:
  1. Sate Klathak Khas Jogja
  2. Empal Gentong H Apud Cirebon
  3. Mie Aceh Ujoueng Rimba
  4. Kedai Selasih Bandung 
Salam Wisata Indonesia
Alamat Bandeng Juwana:
Toko Bandeng Juwana - Elrina
Jalan Pandanaran No 57 Semarang



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel