Empal Gentong Haji Apud, Kuliner Khas Cirebon


Cirebon merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Barat. Terletak di peisisr utara laut jawa, Cirebon memiliki peran strategis dalam perkembangan pembentukan Nusantara. Sejarah Cirebon sendiri memang sangat panjang, dimulai dari jaman kerajaan, pendudukan penjajah Belanda, masa perang kemerdekaan hingga masa kemerdekaan hingga saat ini.Namun Travel Indonesia tidak membahas sejarah cirebon, kali ini Travel Indonesia akan membahas salah satu ikon kuliner di Cirebon.

Pecinta kuliner nusantara tentunya harus tau kuliner khas Cirebon yang satu ini.Empal Gentong H. Apud. Jika anda mangunjungi kota Cirebon, memang banyak tempat kuliner yang menawarkan menu empal gentong, mengingat empal gentong merupakan kuliner yang sangat terkenal di kota Cirebon ini. Salah satu yang terbaik dalam menikmati kuliner ini adalah kedai milik H Apud ini.

Kunci dalam persaingan menyajikan empal gentong ini adalah memasak empal gentong ini menggunakan kayu bakar dalam gentong tanah liat. Tak heran, H Mahfud atau biasa akrab dipanggil H Apud, bisa bertahan ditengah serbuan kuliner serupa sejak tahun 1993. H Apud yang lahir pada tahun 1955 memulai usahanya bekerja sama dengan penjual Empal Gentong pikulan dengan mendirikan kedai sederhana. Saat ini kedai empal gentong H Apud sudah ramai dikunjungi bahkan omsetnya mencapai puluhan juta per harinya.
  

Menu yang wajib dicoba adalah sate kambing muda dan empal gentong.

Sate kambing muda H Apud sangat enak dinikmati, setiap tusuknya disisipi lemak yang akan lumer dimulut jika dimakan saat hangat. Bumbu kecap dan kacang disajikan dalam piring melengkapi sate kambing muda ini, tak lupa potongan jeruk nipis untuk menambah kenikmatan sate kambing muda ini.


Manikmati empal gentong disini paling pas jika ditemani dengan minuman jahe merah. Empal gentong disajikan dengan kuah kuning dan jika anda ingin menambahkan rasa pedas, dapat menambah sambal berupa cabai kering giling. Penyajian empal gentong sangat pas dengan lontong maupun nasi hangat. Makanan berkuah mirip gule itu sangat populer sehingga banyak pengunjung yang sengaja datang ke Cirebon hanya sekadar ingin mencicipi empal gentong dan empal asem.



Menu lain yang ada di kedai empal Gentong H Apud adalah empal asem. Ada beragam isi dari empal gentong/ empal asem ini, mulai dari daging sapi, babat, usus dan kikil. Harganya pun relatif murah, berkisar 20ribuan untuk 1 porsi empal gentong dan 30 ribuan untuk satu porsi sate kambing muda.


nah, gimana.... makin penasaran dengan kuliner yang satu ini?
silahkan saja datang ke 
Rumah Makan Empal Gentong H. Apud
Alamat Jl. Raya Ir. H. Djuanda No.24 Battembat - Tengah Tani Cirebon
Phone : 0231 - 211 055
Ibu Eroh : 087728773322, 085115349177
Pak Haji Apud : 082115337650
Salam Wisata Indonesia



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel