Gedung Sapta Pesona Pariwisata Indonesia

Gedung Kementrian Pariwisata Indonesia yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat no 17 ini terlihat berbeda dari gedung disekitarnya. Lingkungan yang hijau dan asri serta menyejukkan terpancar dari pesona gedung tersebut. Gedung tersebut dinamakan gedung Sapta Pesona. 

Gedung Sapta Pesona memiliki 24 lantai mulai dibangun tahun 1992 dan selesai tahun 1994. 



Sapta Pesona Pariwisata merupakan pilar bagi perkembangan dan pengelolaan pariwisata di Indonesia. Sapta merupakan bahasa dansekerta yang berarti angka tujuh (7) sedangkan pesona berarti daya tarik dan keelokan.

Ketujuh pilar Sapta Pesona adalah:
  1. Aman
  2. Tertib
  3. Bersih
  4. Sejuk
  5. Indah
  6. Ramah
  7. Kenangan

Arti dari masing masih pilar dalam Sapta Pesona bisa dijabarkan sebagai berikut:

1. Aman (Keamanan) -Faktor utama dalam bahkan sebelum wisatawan datang adalah menjamin bahwa daerah yang akan dikunjunginya adalah zona aman. Keamanan harus dijamin oleh negara dan juga harus didukung oleh masyarakat sekitar.

2. Tertib (Ketertiban) - Menciptakan lingkungan yang tertib bagi berlangsungnya kegiatan pariwisata yang mampu nenberikan layanan teratur dan efektif bagi wisatawan. Kedisiplinan memiliki peran penting dalam mewujudkan ketertiban.

3. Bersih (Kebersihan) - Menciptakan lingkungan yang bersih bagi berlangsungnya kegiatan pariwisata yang mampu memberikan layanan yang baik bagi wisatawan. Kebersihan perlu ditanamkan sejak dini mulai dari usia kanak kanak hingga dewasa.

4. Sejuk (kesejukan) - Menciptakan lingkungan yang nyaman bagi berlangsungnya kegiatan pariwisata yang mampu menawarkan suasana yang nyaman dan rasa ”betah” bagi wisatawan, sehingga mendorong lama tinggal dan kunjungan lebih panjang.

5. Indah (Keindahan) - Menciptakan Lingkungan yang indah bagi berlangsungnya kegiatan pariwisata yang mampu menawarkan suasana yang menarik dan menumbuhkan kesan yang mendalam bagi wisatawan, sehingga mendorong promosi ke kalangan/pasar yang lebih luas dan potensi kunjungan ulang.

6. Ramah (Keramah tamahan) - Menciptakan lingkungan yang ramah bagi berlangsungnya kegiatan kepariwisataan yang mampu menawarkan suasana yang akrab, bersahabat serta seperti di ”rumah sendiri” bagi wisatawan. Keramahan merupakan unggulan orang Indonesia yang tersebar diseluruh penjuru Nusantara.

7. Kenangan - Menciptakan pengalaman yang membekas dalam ingatan ketika berwisata. Pengalaman yang baik dan unik tentu akan membuat wisatawan ingin kembali ke Indonesia. Kenangan berupa barang fisik juga penting seperti souvenir.


 Salam Wisata Indonesia
Wisata Lain di Indonesia:

  1. Masjid Atta'awun Puncak bogor
  2. Masjid Agung Jawa Tengah
  3. Oleh Oleh Bandeng Juwana Elrina  
Lokasi Gedung Sapta Pesona

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel