Kampung Sumber Alam Cipanas Garut, Wisata Air Panas dalam Keseimbangan Alam

Kampung Sumber Alam merupakan resort yang berada di daerah cipanas Garut, tepatnya di jalan raya Cipanas No 122 Garut Jawa Barat. Sepanjang jalan raya cipanas ini, banyak sekali resort atau hotel yang menyajikan kolam renang/ kamar rendam air panas, ada juga yg menyediakan mini Waterboom.

Sejarah Sumber Alam 
Kampung Sumber Alam didirikan oleh Dr. H Maskawan Mustofa pada tahun 1970. Awalnya ide pembangunan resort ini ditujukan untuk klinik fisioterapi yang dilengkapi penginapan, khususnya untuk pasien dari luar kota. Seperti kita ketahui, daerah cipanas garut ini merupakan wilayah pegunungan aktif, yang memiliki banyak sumber mata air panas. Air panas asli pegunungan dipercaya bisa membuat relaksasi otot yang dapat digunakan untuk salahsatu metode fisioterapi.

Hal inilah yang membuat Dr. H Maskawan Mustofa tergerak untuk membuat klinik fisioterapi yang dilengkapi penginapan. Pada tahun 1980, klinik dengan penginapan tersebut berkembang menjadi tempat peristirahatan. Awalnya luas dari rosort ini hanya 3200 meter persegi, saat ini total luas lahan dari Kampung Sumber Alam adalah 2.7 Ha. Pembangunan resort ini dilakukan bertahap, ada masyarakat yang menjual lahan, dibeli lalu pelan pelan dibangun.


Keunikan Sumber Alam
Sumber alam dibangun dengan konsep "kampung", seluruh kamar kamar yang tersedia disini berbentuk cottage, yang dibuat dari bahan bahan yang menyatu dengan alam. Seperti penggunaan kayu untuk dinding, lantai dan perabotan, serta menggunakan ijuk sebagai atap. Kesan Kampung sangat kental disini, karena setiap cotage tadi menghadap ke jalan penghubung, sehingga setiap ada kegiatan diluar cottage akan berinteraksi dengan pengunjung lainnya.

Kampung Sumber Alam juga disebut sebagai Sumber Alam - Garden of Water, dikarenakan sebagian besar lahannya merupakan kolam atau balong balong. Oleh karenanya, pengelola Kampung Sumber Alam mempercantik nya dengan bunga teratai dan ikan yang berwana warni. Ada juga dibangun jembatan penghubung antar cottage yang dibangun membelah balong tersebut.


Kolam Renang Tasik Madu
Di dalam Kampung Sumber Alam, terdapat kolam renang Tasikmadu. Kolam renang air panas ini cukup besar besar dan dilindungi dengan tenda dome permanen. Keindahan kolam renang ini lengkap dengan background gunung Guntur yang cantik menjulang. Berada diatas ketinggian, membuat lokasi ini sering diselimuti oleh kabut.

Bagi anda yang tidak menginap disana, anda dapat menikmati berenang di kolam renang Tasikmadu hanya dengan membayar Rp.40.000 untuk orang dewasa dan Rp.30.000 untuk anak anak. Tiket tersebut dapat ditukarkan dengan softdrink yang tersedia di Pool Bar/ kedai kolam renang. Untuk hari kerja, tarif yang dikenakan lebih murah dibanding hari libur.



Fasilitas
  • fasilitas pertemuan
  • layanan kamar
  • layanan laundry
  • drug store
  • resepsionis 24 jam
  • restoran Linggarwangi
  • Wi-Fi gratis di semua kamar
Olahraga dan Rekreasi
  • kolam renang (luar ruangan)
  • pemandian air panas
  • spa
  • taman
  • Flying Fox
  • Pemancingan


Dengan konsep yang begitu lengkap, makin bikin penasaran untuk datang kesana lagi.

Salam Wisata Indonesia
Wisata Lain yang tak kalah menarik: 
  1. Telaga Sarangan, Andalan Pariwisata Magetan Jawa Timur 
  2. Museum Linggarjati, Saksi Sejarah Perjalanan Terbentuknya NKRI
  3. Monumen Nasional (Monas), Tempat Kegiatan Olahraga dan Aktivitas Sosial 
  4. Merdeka walk Medan, Kombinasi Kuliner dan Hiburan Pertunjukan
Lokasi Kampung Sumber Alam Garut :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel