Kuliner Palembang Pempek Sudi Mampir, Spesial Lenggang Bakar



Pempek Sudi Mampir biasa juga disebut pempek Saga. Disebut pempek saga, karena dahulu dikenal berjualan tak jauh dari bioskop Saga di kota palembang, namun dikarenakan maraknya bioskop dengan jaringan 21, maka bioskop Saga tersebut gulung tikar dan tutup.

Pempek Sudi Mampir berdiri sejak tahun 1961, sudah lebih dari 40 tahun tetap eksis menghiasi kuliner pempek Nusantara. Penggagas pempek sudi mampir adalah Bpk KGS Ibrahim Akil yang memulai usahanya dengan cara berkeliling kota dengan gerobak dorongnya. Pak KGS Ibrahim Akil adalah keturunan asli palembang.

Keunikan dari Pempek Sudi Mampir ini adalah pengunjung dapat menikmati Pempek yang fresh from the oven, karena pempek sudi mampir menyediakan open display kitchen atau dapur terbuka.

Lokasi Pempek Saga Sudi Mampir:
Jl. Merdeka No. 8 22 Ilir depan Walikota Palembang
Telp. 0711 706 9384 atau

Cabang Lainnya :
Jl. Kapt. Cek Syeh No 191/192
Simpang Tiga Kebon Duku 18 Ilir Palembang
Telp. 0711 379 021


Harga yang ditawarkan sebenarnya relatif lebih mahal dibandingkan dengan pesaing lainnya, namun rasa yang ditawarkan pun lebih enak dan pas di lidah. Selain dari regular pempek yang dinikmati dengan berkuah, disini juga tersedia pempek panggang. Kalau dilihat memang seperti steak yang sedang di Grill menggunakan arang.

Pempek panggang yang dimaksud beda dengan pempek kuah, didalam pempek panggang ini ada seperti penggabungan ebi (udang kering) dengan kecap manis dan sambal hijau. Keunikan rasa yang dihasilkan membuat lidah kita menerka apa gerangan ingredients dari pempek ini. Ada rasa manis, pedas, gurih dalam satu gigitan. Pempek ini dapat dinikmati dengan dicelupkan dalam cuka khas Sudi Mampir.

Ada juga menu lenggang panggang, yang dimaksud dengan lenggang panggang adalah olahan daging ikan yang dicampur dengan telur bebek. Kenikmatan dari lenggang panggang tidak berhenti disini, pembuatan lenggang panggang menggunakan daun pisang sebagai mangkuk penyajiannya. Lenggang padang dinikmati dengan dicocol dalam cuka khas sudi mampir.




Lokasi Kedai di Jl Merdeka cukup luas, sehingga pengunjung dapat memilih spot terbaiknya dalam menikmati Pempek Sudi Mampir ini. Di bagian depan ada open mini kitchen, dimana pengunjung dapat melihat langsung proses pemanggangan menu yang dipesan. Sebagian pembuatan pempek sudimampir juga dapat dilihat disini.

.

Selain dari pempek, ada juga aneka kerupuk dengan bahan dasar ikan yang bisa dinikmati di tempat, maupun sebagai buah tangan alias oleh oleh untuk dibawa pulang.


Sejarah Pempek

Pempek dikenal sebagai makanan khas palembang. Bahan utamanya adalah ikan yang biasa ditangkap di sungai Musi. Sejarah dari Pempek itu sendiri berawal dari seorang apek (sebutan untuk lelaki tua keturunan Tionghoa) yang berusia 65 tahun, di tahun 1617 Beliau merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. 

Si Apek kemudian mencoba alternatif bagaimana cara mengolah dan menikmati daging ikan dengan cara yang berbeda dengan mencampur daging giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan sebuah jenis makanan baru, yang hingga saat ini kita kenal dengan sebutan "Pempek". Nama Pempek ini berasal karena penjual dari pempek tersebut dipanggil dengan sebutan "Pek..Apek..", maka terciptalah kata "Pempek" yang digunakan hingga saat ini. 

 Kuliner Khas Daerah lain yang bisa anda Akses:
  1. Empal Gentong H Apud - Cirebon
  2. Merdeka Walk - Medan
  3. Sop Sumsum Langsa - Medan
  4. Soto Pak Salam - Bogor
Salam Wisata Indonesia

Lokasi Pempek Sudi Mampir:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel