Lontong Sayur Padang Dipatiukur, Kuliner Minang di Pangkalan Damri (Pangdam) Bandung

Lontong sayur padang berbeda dari lontong sayur medan, betawi atau jawa pada umumnya. Lontong sayur padang menggunakan kuah santan yang dilengkapi dengan rempah rempah khas minangkabau. Kuah tersebut menemani sayur nangka ddan kupat atau ketupat yang dibungkus daun kelapa.


Jika anda berkunjung ke Kota Bandung, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu lontong sayur padang yang enak ini. Waktu buka kedai lontong sayur padang Dipatiukur ini adalah jam 6 pagi sampai jam 10 pagi. Iya, walaupun ini rasa pedas, tapi ini cukup menantang untuk dijadikan sarapan.



Seperti kebanyakan masakan padang, proses pembuatannya cukup lama sehingga bumbu nya meresap kedalam sayur nangka dan telurnya. Uniknya lagi, menikmati  lontong sayur padang ini, dilengkapi dengan krupuk merah yang konon dimasak tanpa menggunakan minyak, namun menggunakan pasir. Alhasil, sering orang menyebutnya kerupuk melarat. Selain itu, disini juga tersedia keripik singkong khas Minangkabau sebagai pelengkap makan lontong sayur ini.

Menu Favorit  lain disini adalah Teh Talua. Teh ini merupakan campuran antara teh dan telur bebek.  Teh talua ini dikenal juga sebagai minuman penambah energi khas Minang ini. Konon, bagi anda penikmat teh talua, kenikmatan rasa Teh Telur Kedai Lontong Sayur Dipatiukur ini rasanya juara banget.

Uniknya, mereka tidak menggunakan mixer biasa untuk mencampur teh, susu dan telur, namun menggunakan memodifikasi mesin bor yang biasa dipakai tukang bangunan menjadi alat pengocok telor berkecepatan tinggi. Putaran yang tinggi membuat campurannya lebih cepat dan ditandai dengan buih yang keluat hasil pencampuran.

Teh Telur terbuat dari telur bebek dan gula yang dikocok di gelas sampai berbuih, lalu ditambahkan teh yang diseduh menggunakan air panas mendidih. Jadi telurnya bisa masak. dengan pencampuran yang pas, rasanya bisa Sedap dan menambah stamina.  Cocok untuk sarapan guna menyambut aktifitas sepanjang hari. Menikmati teh talua, dilengkapi dengan jeruk nipis untuk mengurani rasa amis yang keluar dari telur.
Ingin datang menikmati Lontong Sayur Padang dan Teh Talua Dipatiukur? silahkan datang ke Jalan Dipati Ukur, deket halte Damri (Biasa disebut Lontong Sayur PangDam alias Pangkalan Damri)

Kuliner Daerah lain:
  1. Empal Gentong H Apud
  2. Sate Klathak Jogjakarta
  3. Merdeka Walk Medan


Salam Wisata Indonesia
Lokasi Lontong Sayur Dipatiukur Pangkalan Damri Bandung

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel