-->

Masjid ATTaawun Puncak Bogor, Indah dalam Keasrian alam

Keindahan jalan raya puncak Bogor memang sangat memikat. sejak jaman Belanda, tempat ini kerap dikunjungi karena memiliki daya tarik berupa udara yang sejuk dan pemandangan alam nan indah. sejak zaman kolonial Belanda Puncak telah dikenal  sebagai resort pegunungan yang ingin menghirup udara dataran tinggi yang segar. Dengan pemandangan menakjubkan dari puncak gunung berapi Salak, Gede dan Pangrango dengan hamparan kebun teh dan aliran gemericik sungai.
 Pemandangan disekitar puncak terasa special dengan adanya Masjid Cantik berwarna putih. Design kubah nya meliputi bagian utama masjid ini. Lokasi masjid ini sangat kontras dibanding dengan lingkungan sekitar yang berupa kebun teh.
Nama Masjid itu adalah Attaawun. Ta’awun berasal dari bahasa Arab Ta’awana, Yata’aawuna, Ta’awuna, yang artinya tolong-menolong, gotong-royong, bantu-membantu dengan sesama manusia.

berikut data mengenai Masjid Attaawun ini:
                    Jl. Raya Puncak Km 91. Kel.Tugu Selatan, Kec.Cisarua, Bogor 
Luas Tanah : 10.000 m2
Status Tanah : SHM
Luas Bangunan : 300 m2
Tahun Berdiri : 1997
Daya Tampung Jamaah : 700
No Telp/Faks : 0251 258054 / -
Fasilitas : Parkir, Taman, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Toko, Aula Serba Guna, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 30

Eksterior Masjid dikelilingi oleh taman yang tertata rapih. Terdapat kolam ikan di Lingkungan masjid yang berisi ikan hias seperti ikan Koi dan ikan mas. Keindahan dari lingkungan masjid ini, merupakan hasil dari kerja keras pengurus masjid yang dikelola oleh Badan Pengelola Islamic Center (BPIC) Pemerintah Provinsi Jawa Barat, DKM Masjid Atta'awun.

Pada salah satu bagian masjid, sudah dipasang pengumuman antara lain, Ajakan untuk menjadikan masjid sebagai sarana Ibadah, Tasyakur, Tafakur dan Taddabur. Memelihara dan menjaga kesucian masjid, berbusana sopan, tidak ketat dan tidak transparan. Tidak makan, minum dan merokok didalam Masjid.
  Interior Masjid seperti kebanyakan masjid di Indonesia, di dalam Masjid Atta'awun terdapat mimbar untuk khatib memulai khutbah. Namun yang special disini adalah, ornamen di dalam Masjid di dominasi oleh bahan kayu, baik ruangan disekitar mimbar maupun lantainya.

Untuk menambah ke khusukan dalam beribadah, pada bagian depan masjid dilapisi dengan karpet yang tebal dan lembut. Hal ini cukup penting mengingat udara di puncak cukup dingin dan menusuk tulang. Didalam lingkungan interior masjid juga ada penunjuk waktu yang menunjukkan waktu shalat 5 waktu.
Sekeliling masjid ini makin special dengan adanya kaca patri yang memiliki pola khusus dan berwarna warni. Hal ini membuat ketika cahaya matahari melewati kaca ini, akan tercipta warna – warna yang beragam pula. Pembuatan kaca patri ini memerlukan perpaduan seni mewarnai, memotong, hingga  merangkai panel – panel kaca berukuran kecil, lantas menyusunnya menjadi bentuk artistik.
 Kendahan lingkungan Masjid Atta'awun ini seakan tidak ada habisnya, ditambah dengan dibangunnya curug (air terjun) mini buatan di belakang kompleks Masjid ini. Curug ini sengaja dibuat berundak undak untuk menambah keindahan dan gemericik air yang melewatinya membuat susana semakin damai.



Nah, gimana.... makin penasaran kan dengan Lokasi wisata religi yang satu ini? datang saja, tidak jauh kok dari Jakarta. 

Salam Wisata Indonesia


Lokasi Masjid Atta'awun


 

1 Response to "Masjid ATTaawun Puncak Bogor, Indah dalam Keasrian alam"

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel