Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Bersejarah Dekat Alun Alun Semarang

Berjalan mengelilingi alun alun Simpang lima Semarang memang asik banget. Lingkungan alun alun dipenuhi oleh berbagai macam tanaman, dan lapangan hijau terawat memanjakan pandangan mata kita. Menurut sejarah berkembangnya fungsi Simpanglima menjadi alun-alun merupakan saran Presiden pertama Republik Indonesia yang menyarankan pengadaan alun-alun di Semarang sebagai ganti dari Kanjengan. Simpanglima merupakan salah satu landmark kota Semarang. Terdapat lapangan besar yang disebut juga dengan Lapangan Pancasila.



Alun-alun yang dimiliki Semarang sejak masa pemerintahan Adipati Semarang yang pertama itu telah berubah fungsi menjadi pusat perbelanjaan. Sedangkan keberadaan lapangan Pancasila berfungsi sebagai tempat upacara pada hari-hari besar. Kemudahan akses serta banyaknya hotel dan tempat kuliner di kawasan tersebut membuat Simpanglima menjadi tempat wisata serta jantung kota atau pusat keramaian di kota Semarang.



Pada salahsatu bagian Masjid Raya Baiturrahman Semarang merupakan sebuah masjid yang terletak di Semarang, Indonesia. Masjid ini dibangun pada tahun 1968 dan selesai pada tahun 1974. Menurut informasi dari Wikipedia, Pembangunan Masjid Raya Baiturahman dimulai pada 10 Agustus 1968 dengan ditandai pemasangan tiang pancang untuk pondasi masjid sebanyak 137 buah. Masjid diresmikan oleh Presiden Soeharto pada 15 Desember 1974.

Keberadaan masjid ini hingga sekarang menjadi kebanggaan warga Semarang, apalagi lokasinya berada di Simpang Lima yang merupakan pusat kota Semarang. Bangunan masjid berbentuk limasan dan berdiri di atas lahan seluas 11.765 m2. Saat ini Masjid Raya Baiturrahman tidak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah dan wadah berkumpulnya umat, melainkan juga pusat dakwah Islam. Di kompleks tersebut juga berkembang pesat lembaga pendidikan TK-SD H Isriati 1.



Berikut kami sampaikan data mengenai Masjid Baiturrahman :
Luas Tanah: 4.750 m2
Status Tanah : Girik
Luas Bangunan : 3.000 m2
Tahun Berdiri : 1974
Daya Tampung Jamaah : 4.500
No Telp/Faks : 024 - 8310155 / -
Fasilitas : Internet Akses, Parkir, Taman, Gudang, Tempat Penitipan Sepatu/Sandal, Ruang Belajar (TPA/Madrasah), Toko, Aula Serba Guna, Perlengkapan Pengurusan Jenazah, Poliklinik, Koperasi, Perpustakaan, Kantor Sekretariat, Penyejuk Udara/AC, Sound System dan Multimedia, Pembangkit Listrik/Genset, Kamar Mandi/WC, Tempat Wudhu, Sarana Ibadah
Kegiatan : Pemberdayaan Zakat, Infaq, Shodaqoh dan Wakaf, Menyelenggarakan kegiatan pendidikan (TPA, Madrasah, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat), Menyelenggarakan kegiatan sosial ekonomi (koperasi masjid), Menyelenggarakan Pengajian Rutin, Menyelenggarakan Dakwah Islam/Tabliq Akbar, Menyelenggarakan Kegiatan Hari Besar Islam, Menyelenggarakan Sholat Jumat, Menyelenggarakan Ibadah Sholat Fardhu
Jumlah Pengurus : 10



Nah, hal yang menarik lainnya dari Masjid ini adalah menikmati kuliner yang ada disekitaran halaman Masjid ini, ada soto, mie ayam, ada es cendol dan masih banyak lagi yang lainnnya. Kalau anda datang pada malam hari, anda dapat menikmati wedang ronde yang biasanya mangkal di depan Masjid. Wedang Ronde ini disajikan dengan cara mencampurkan bahan bahan wedang ronde, pada sebuah mangkok dan disajikan panas panas. 

Moga Tulisan ini membantu anda semua dalam menikmati kota Semarang.

Salam Wisata Indonesia
Wisata Masjid Lainnya:
  1. Masjid Istiqlal Jakarta
  2. Masjid Agung Jawa Tengah
  3. Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri 
  4. Masjid At Taawun Puncak Bogor


Lokasi Masjid Baiturrahman Semarang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel