Sate Mutiara 16 Bogor, Warung Sate Madura Jalan Surya Kencana Bogor

Indonesia memiliki berbagai macam makanan yang sangat beragam dan enak enak loh. Bahkan penikmatnya bukan hanya orang Indonesia tapi juga orang diluar Indonesia pun meng"amin"kan jika di Indonesia banyak sekali makanan enak. Salah satu sebabnya adalah karena Indonesia memiliki berbagai macam rempah rempah yang tumbuh subur hampir disemua belahan nusantara.

Pada tahun 2011, CNN sebagai situs travel terpopuler di dunia menempatkan beberapa masakan Indonesia sebagai masakan terenak di dunia.

Berikut ini adalah daftar lengkap dari 50 makanan terlezat di dunia versi CNN:

1. Rendang (Indonesia)
2. Nasi goreng (Indonesia)
3. Sushi (Jepang)
4. Tom yam goong (Thailand)
5. Pad thai (Thailand)
6. Som tham (Thailand)
7. Dim sum (Hong Kong)
8. Ramen (Jepang)
9. Bebek peking (China)
10. Massaman curry (Thailand)
11. Lasagna (Italia)
12. Kimchi (Korea)
13. Chicken rice (Singapura)
14. Sate (Indonesia)
15. Es krim (AS)
16. Kebab (Turki)
17. Gelato (Italia)
18. Croissant (Prancis)
19. Green curry (Thailand)
20. Pho (Vietnam)
21. Fish ‘n’ chips (Inggris)
22. Egg tart (Hong Kong)
23. Bulgogi (Korea)
24. Fried rice (Thailand)
25. Cokelat (Meksiko)
26. Penang asam laksa (Malaysia)
27. Tacos (Meksiko)
28. Barbecue pork (Hong Kong)
29. Chili crab (Singapura)
30. Cheeseburger (AS)
31. Fried chicken (AS)
32. Lobster (global)
33. Seafood paella (Spanyol)
34. Shrimp dumpling (Hong Kong)
35. Neopolitan pizza (Italia)
36. Mo nam tok (Thailand)
37. Potato chips (AS)
38. Warm brownie dan es krim vanilla (global)
39. Masala dosa (India)
40. Bibimbap (Korea)
41. Galbi (Korea)
42. Hamburger (Jerman)
43. Fajitas (Meksiko)
44. Laksa (Singapura)
45. Roti prata (Singapura)
46. Sirup maple (Kanada)
47. Fettucini alfredo (Italia)
48. Parma ham (Italia)
49. Lechon (Filipina)
50. Gui cuon (Vietnam)

Kali ini kita membahas tentang sate. Banyak sekali jenis sate yang ada di Indonesia, kita akan bahas satu persatu secara umum.

Sate Padang
sate Padang merupakan sate khas dari daerah Padang, Sumatera Barat. Sate ini memiliki cita rasa yang khas karena saus kuningnya yang khas diolah menggunakan banyak campuran rempah.
 
Sate Klathak
Sate klathak adalah sate khas dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Sebelum dibakar, sate klathak hanya dilumuri dengan garam dan tidak dibumbui dengan kecap atau saus kacang. Tusuk sate yang digunakan pun sangat unik. Sate klathak tidak menggunakan tusuk kayu sebagai tusuknya tetapi besi jeruji sepeda.

Sate Lilit
Sate lilit adalah sate asli nusantara khas dari daerah Bali. Sate lilit terbuat dari daging cincang yang sebelumnya sudah dicampur dengan bumbu khusus. Bumbu khusus tersebut terdiri dari bawang merah, merica, jeruk nipis, kelapa parut, dan santan kental. Adonan sate lilit dicampur rata kemudian dililitkan pada batang serai atau bambu yang digunakan sebagai tusuk sate. Setelah itu, sate akan digarang sampai matang.

Sate Ponorogo
Sate ayam Ponorogo adalah jenis sate yang berasal dari kota Ponorogo, Jawa Timur. Daging ayam pada sate ini terkenal sangat empuk dan bumbunya juga sangat meresap. Perbedaan sate Ponorogo dengan sate-sate lainnya terletak pada cara memotong dagingnya. Dagingnya tidak dipotong menyerupai dadu seperti sate ayam pada umumnya, melainkan disayat tipis panjang menyerupai fillet, sehingga selain lebih empuk, gajih atau lemak pada dagingnya pun bisa disisihkan. Sate Ponorogo dibumbui dengan cara dibacem agar bumbunya lebih meresap ke dalam daging.  Setelah matang, sate dilumuri dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus dan dilumuri dengan irisan bawang merah dan juga cabai rawit.

d
 
Sate Madura
Sate Madura merupakan sate asli dari Madura, Jawa Timur. Sate Madura biasanya terbuat dari daging ayam. Namun terkadang, sate Madura menggunakan daging kambing yang ditandai dengan digantungnya bagian kaki belakang si kambing di gerobak sang penjual sate. Bumbu sate Madura terbuat dari campuran kacang yang ditumbuk halus bersama petis dan sedikit bawang merah.


Sate Madura Mutiara 16 H Mahrus

 Sate Madura Mutiara 16 terletak dijalan Surya Kencana Bogor. Sate khas Madura ini ramai dikunjungi oleh pelancong dari Jakarta dan sekitaran Bogor. Disana menyediakan daging sate ayam, sapi dan kambing. Penyajiannya cukup unik, sate yang telah dipersiapkan bisa dipilih langsung oleh pengunjung dan langsung dibakar di depan kedai sate tersebut.


 Bumbu yang sate yang ditawarkan ada 2 jenis, yaitu bumbu kacang dan bumbu kecap. Untuk bumbu kecap, dilengkapi dengan potongan cabai rawit dan tomat segar. Biasanya sate bumbu kacang dinikmati dengan sate ayam, sedangkan untuk sate bumbu kecap untuk sate kambing dan sate sapi.

Didepan Kedai sate madura terdapat martabak special dan Istimewa, Travel Indonesia sempat memesan martabak telur nya. Pas untuk menemani santap sate madura disini.
Martabak special ini menggunakan telur bebek. Konon, telur bebek pada martabak akan menambah kenikmatan dalam menikmati martabak dibandingkan dengan telur ayam.


Berminat untuk menikmati Sate Ayam Madura disini, silahkan dateng ke:
Jl Surya Kencana dekat gg Aut Bogor.

Wisata Sekitaran BOGOR:
Taman Kencana Bogor
Masjid Attaawun Puncak Bogor
Soto Pak Salam Bogor
Soto Bogor Pak Ace 

Salam Wisata Indonesia

Lokasi Sate Madura Mutiara 16


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel