Ragusa Ice Cream Es Italia Sejak Tahun 1932

Siapa tak kenal dengan Ice Cream ini, sudah ada di Batavia (Jakarta) sejak tahun 1932. Pendirinya adalah warga negara Italia Asli bernama Luigie Ragusa dan Vincenzo Ragusa. Berdua merantau datang ke Batavia pada tahun 1930-an. Tujuan mereka awalnya adalah belajar menjahit di daerah Jakarta Pusat.
Setelah lulus, kedua bersaudara tersebut pergi ke Bandung dan bertemu dengan seorang wanita Eropa yang memiliki peternakan sapi dan memberikan banyak susu sapi kepada mereka. Susu sapi tersebut dimanfaatkan Luigie dan Vincenzo sebagai bahan untuk membuat es krim Italia yang ternyata banyak disukai orang Eropa, China maupun Pribumi.Akhirnya dua bersaudara itu mulai menjual es krim mereka di Pasar Gambir (Jakarta Fair) sejak tahun 1932. setelah itu mereka membuka kafe di Citadelweg (sekarang Jalan Veteran I no. 10), Jakarta Pusat pada tahun 1947.Pada tahun 1945-1972, penjualan es krim ini sempat menurun karena banyaknya pelanggan warga negara asing yang pulang ke negaranya. Setelah periode tersebut, penjualan es krim baru mulai meningkat dan stabil kembali

Yang istimewa dari Ice Cream ini adalah penggunaan Susu Sapi Segar sebagai dasar bahan olahan Ice Cream yang menjamin kelembutan texture ice cream, serta tidak menggunakan bahan pengawet. sebagai kompensasinya adalah, pembuatan ice cream ini dilakukan secara harian tanpa stok yang berlimpah seperti industrialized Ice Cream.
 Beginilah keadaan kedai Ice Cream Ragusa di jalan Veteran I No.10. kesederhanaan dan ornamen didalam nya hampir sama, praktis tidak berubah dari jaman dahulu. menggunakan kursi dan meja dari rotan, membuat makan ice cream makin nyaman dan nikmat.


Didalam kedai ice cream ini banyak figura dan foto jaman dahulu ketika jaman penjajahan belanda atau ketika Jakarta bernama Batavia.Salah satunya adalah kemeriahan Jakarta Fair Gambir, dimana orang orang berbaur dan berpesta.

 Harga dari Ice Cream yang dijajakan pada Kedai Ice Cream ini bervariasi mulai dari 15 ribu rupiah sampai dengan 35 ribu rupiah. Selain itu ada aneka minuman yang pas untuk menemani makan ice cream anda.

 Menu favorite di kedai ice cream ragusa ini adalah Spagetti Ice Cream dan Banana Split. 1 mangkuk besar bisa untuk ber 2 atau ber 3 orang. Dijamin nagih deh kesini lagi, lebih lebih makan disini. Maknyuss deh.

Tips: persiapkan bawa tissue sendiri, karena tempat ini tidak menyediakan, jika kita meminta, maka bisa membeli tissue kemasan kecil seharga Rp.2000 di kasir.

oh ya yang jaga kasir nci nci dah lumayan tua, terkenal karena jutek ga terlalu ramah. Tapi pas bayar dia jadi ramah kok, dan mungkin ini adalah cara dia menjaga kualitas dari Ice Cram Ragusa dari tahun ke tahun.

Salam Wisata Indonesia
Kuliner Lain :
Martabak Orins - Martabak unik berbentuk Pizza
Ramen Jangar 69 - Makanan Khas Jepang, citarasa Indonesia





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel