-->

Taman Ayun Bali, Salah satu Pura Terindah di Bali

Pura Taman Ayun didaulat sebagai salah satu Pura yang paling Indah di Bali. 
Pura Taman Ayun yang terletak di Desa Mengwi, Kabupaten Badung, sekitar 18 km ke arah barat dari Denpasar. Pura ini sangat indah, sesuai dengan namanya yang berarti pura di taman yang indah. Selain indah, Pura Taman Ayun juga dinilai memiliki nilai sejarah, sehingga pada tahun 2002 Pemda Bali mengusulkan kepada UNESCO agar pura ini dimasukkan dalam World Heritage List.

 Pada bagian depan, ada tempat untuk membeli tiket masuk yang nilainya tidak begitu mahal. Begitu masuk kita akan disuguhkan taman taman yang indah dan terawat rapih. Beberapa bagian taman tersebut diselingi oleh air mancur, yang mempercantik taman tersebut.

Bangunan awal yang terlihat seperti ada gubuk besar, dan ada diorama adu ayam jago dan ada juga seperti karapan sapi.


 Pemandangan pada gubuk besar tersebut, mencaritakan kehidupan Bali pada jaman dahulu. Kehidupan yang cukup sederhana dengan segala bentuk kesederhanaan dalam berbusana, berbudaya dan lainnya.

Pura Taman Ayun merupakan Pura lbu (Paibon) bagi kerajaan Mengwi. Pura ini dibangun oleh Raja Mengwi, I Gusti Agung Putu, pada tahun 1556 Saka (1634 M). Pada awalnya, I Gusti Agung Putu membangun sebuah pura di utara Desa Mengwi untuk tempat pemujaan leluhurnya.


Pura tersebut dinamakan Taman Genter. Ketika Mengwi telah berkembang menjadi sebuah kerajaan besar, I Gusti Agung Putu memindahkan Taman Genter ke arah timur dan memperluas bangunan tersebut. Pura yang telah diperluas tersebut diresmikan sebagai Pura Taman Ayun pada hari Selasa Kliwon-Medangsia bulan keempat tahun 1556 Saka. Sampai sekarang, setiap hari Selasa Kliwon wuku Medangsia menurut pananggalan Saka, di pura ini diselenggarakan piodalan (upacara) untuk merayakan ulang tahun berdirinya pura.

Pura Taman Ayun telah mengalami beberapa kali perbaikan. Perbaikan secara besar-besaran dilaksanakan tahun 1937. Pada tahun 1949 dilaksanakan perbaikan terhadap kori agung, gapura bentar, dan pembuatan wantilan yang besar. Perbaikan ketiga tahun 1972 dan yang terakhir tahun 1976.



Kompleks Pura Taman Ayun menempati lahan seluas 100 x 250 m2, tersusun atas pelataran luar dan tiga pelataran dalam, yang makin ke dalam makin tinggi letaknya. Pelataran luar yang disebut Jaba, terletak di sisi luar kolam. Dari pelataran luar terdapat sebuah jembatan melintasi kolam, menuju ke sebuah pintu gerbang berupa gapura bentar.

Di sisi barat daya terdapat bale bundar, yang merupakan tempat beristrirahat sambil menikmati keindahan pura.
 Di timur terdapat sekumpulan pura kecil yang disebut Pura Luhuring Purnama.

Taman Ayun merupakan kompleks Pura dan taman dengan fitur air yang berlokasi di Kecamatan Mengwi, Badung, Bali, Indonesia. Henk Schulte Nordholt menulis di bukunya yang berujudul Negara Mengwi bahwa Taman Ayun direnovasi pada tahun 1750. Nama arsitek yang bertanggung jawab ditulis sebagai Hobin Ho.Taman Pura ini muncul dalam acara televisi Around the World in 80 Gardens.










Salam Wisata Indonesia

Wisata Lain di Semarang:
  1. Simpang Lima Semarang
  2. Oleh Oleh Bandeng Juwana Elrina 
  3. Bakmi Djowo Doel Noemani, Bakmi Khas Jawa di Semarang   

0 Response to "Taman Ayun Bali, Salah satu Pura Terindah di Bali"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel