Telaga Sarangan, Andalan Wisata Kabupaten Magetan Jawa Timur


Telaga Sarangan merupakan objek wisata yang terletak di Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Tepatnya di lereng gunung lawu di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Gunung Lawu (3.265 m) terletak di Pulau Jawa, Indonesia, tepatnya di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur. Gunung Lawu terletak di antara dua kabupaten yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Status gunung ini adalah gunung api "istirahat" (diperkirakan terahkir meletus pada tanggal 28 November 1885 dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi.


Jalanan menuju telaga sarangan menanjak dan pada waktu tertentu berkabut. Dengan suhu udara antara 15 hingga 20 derajat Celsius, udara sejuk bahkan cenderung dingin akan menemani wisatawan. Pemandangan Telaga Sarangan akan memanjakan mata, karena Anda dapat melihat telaga yang luas dan pegunungan hijau Sidoramping di sekitar Gunung Lawu yang menjulang tinggi. Ditambah lagi dengan air telaga yang tenang dan menjadi cermin dari pegunungan dan gunung di sekelilingnya. Memandangi deretan pegunungan dan gunung di sini juga membuat perasaan lebih tenang dan damai ditambah dengan udara sejuk pegunungan.



Di pinggir telaga tersedia fasilitas water sport seperti sepeda air yang menyerupai bebek dan perahu boat bermesin tunggal. Ini dapat menjadi sarana bagi Anda yang ingin mengelilingi telaga melalui air. Atau Anda dapat berkeliling menggunakan kuda atau delman yang ditawarkan penduduk sekitar.
Bagi Anda yang ingin berolahraga, Anda dapat mengelilingi telaga ini dengan berjalan kaki atau berlari. Anda juga akan menjumpai hutan pinus di lereng pegunungan di sekeliling Telaga Sarangan. Suasana yang sejuk dan indah pasti akan membuat olahraga menjadi menyenangkan.

Jalan menuju air terjun tidak sulit, bahkan setengah perjalanan bisa dilakukan dengan mobil. Mobil yang digunakan pun tidak perlu yang memiliki peralatan spesial seperti ban besar atau 4WD, mobil keluarga biasa pun dapat digunakan menuju kesana. Anda akan melewati lereng gunung yang digunakan untuk perkebunan. Anda dapat melihat berbagai tanaman sayuran yang mungkin jarang ditemui di kota. Anda juga dapat mencelupkan kaki Anda ke dalam air bening yang dingin dan segar yang digunakan untuk pengairan perkebunan.
Jika beruntung, anda dapat parkir langsung di pinggir telaga Sarangan, jadi tak perlu jauh jauh dari kendaraan anda untuk dapat menikmati pemandangan indah ini.

Setiap tahun di telaga ini diadakan Ritual Labuh dengan tujuan untuk mengucapkan syukur kepada Sang Pencipta atas segala berkat dan berkah yang telah diberikan. Ritual ini biasanya diadakan pada hari Jumat Pon sesuai dengan kalender Jawa. Para pengunjung juga dapat melihat ritual yang diadakan di Telaga Sarangan Magetan ini.
Di Telaga Sarangan terdapat fasilitas wisata seperti  dua hotel berbintang, 43 hotel kelas melati, dan 18 pondok wisata dan tidak lupa puluhan kios cendera mata. Fasilitas obyek wisata lainnya pun tersedia, misalnya rumah makan, tempat bermain, pasar wisata, tempat parkir, sarana telepon umum, tempat ibadah, dan taman. Makanan khas disana adalah sate kelinci, yang bisa anda nikmati di udara yang sejuk dengan memandang indahnya telaga sarangan.
Mari dukung wisata Lokal Indonesia.

Salam Wisata Indonesia
Tempat Wisata Lain di Indonesia:
  1. Museum Linggarjati Kuningan Cirebon
  2. Monumen Nasional Jakarta
  3. Pelabuhan Sunda Kelapa, gebang ekonomi Batavia
Lokasi Talaga Sarangan Magetan:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel